LP3 Pramuka Pesantren se Aceh 2023 akan di gelar di Aceh Singkil

Aceh Singkil – Satuan Komunitas (SAKO) Gerakan Pramuka Pesantren Kwartir Daerah (Kwarda) Aceh lakukan rapat koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Aceh Singkil, pada Rabu (14/06/2023) membahas pelaksanaan Lomba Perkemahan Pramuka Pesantren (LP3) Putra Ke XVI 2023 Se-Aceh.

Kegiatan tahunan antar pesantren itu dijadwalkan berlangsung 25 – 31 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren Darur Rasyid Silatong, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil.LP3 Ke XVI yang akan digelar di Bumi Syaikh Abdurrauf Asiingkily ini bertemakan “Bina Ukhuwah, Gali Potensi, Raih Prestasi akan diikuti anggota Pramuka golongan penggalang dan penegak di Aceh provinsi luar Aceh.

Penetapan Aceh Singkil menjadi tuan rumah secara resmi disahkan oleh Kwarda Aceh melalui Surat Nomor: 218-10-B-2023 setelah dilakukan surve kelayakan lokasi kegiatan.

Ketua Sako Gerakan Pramuka Pesantren Kwarda Aceh, Andika Novriadi, M.Ag mengatakan“ Tahun ini kita selenggarakan di Aceh Singkil, rapat koordinasi ini bentuk sinergi kita dengan Pemkab Singkil untuk memohon dukungan agar sukses kegiatan ini” Ujarnya

Menurut Andika, “Pramuka putra pesantren seluruh Aceh nantinya akan mengenal Aceh Singkil dengan segenap budayanya, terlebih lagi dalam kegiatan lomba selama seminggu ini, terdapat juga kunjungan budaya dan wisata, para peserta berharap dapat menikmati objek wisata Pulau Banyak yang sudah mendunia”, Ujar Andika

Pejabat (Pj) Bupati Aceh Singkil selaku Ka.Mabicab, Kak Marthunis melalui Asisten II Sekdakab, Faisal, S.Pd, saat rapat koordinasi, menyatakan Pemkab Aceh Singkil sangat antusias mendukung kegiatan LP3.

“Pemerintah Aceh Singkil tentunya sangat mendukung ini, terlebih lagi kegiatan ini adalah gagasan Pramuka Pesantren. Kami sangat berterima kasih kepada Kwartir Daerah Aceh telah memilih Aceh Singkil menjadi tuan rumah pelaksana, namun untuk menyanggupi segala kebutuhan sarana, perlu adanya uraian kebutuhan dari panitia yang dapat kami tujukan ke dinas terkait sehingga dapat ditangani dengan tepat, pemerintah memang harus berperan, tentu kita tidak ingin mengecewakan peserta atau tamu yang akan datang ke Aceh Singkil”, Ucap Faisal.

Senada itu, Ketua Harian Kwartir Cabang Aceh Singkil, Ahmad Riva’i, SH menyatakan “Kwartir Cabang Aceh Singkil mendukung sepenuhnya kegiatan ini, panitia agar terus berkoordinasi”LP3 Putra ke XVI 2023 Se Kwarda Aceh mengusung, 5 bidang perlombaan terdiri dari Keagamaan, kepramukaan, Keilmuan, Kesenian dan Olahraga.Selain perlombaan, kegiatan yang diikuti Peserta didik Pramuka Pesntren Se-Aceh itu akan diisi dengan kegiatan jumpa tokoh menghadirkan Prof Ustad H Abdul Shomad, Lc, M.A Ph.D

“Kita sudah komunikasi dengan tim UAS beberapa waktu lalu dikediaman beliau di Pekan Baru, sudah tergandekan Insya Allah UAS akan hadir ditengah-tengah bumi perkemahan LP3 pada akhir Agustus 2023 mendatang, Insyallah”, Ungkap H Rasyid Bancin S.Sos.I, Ka. Mabigus Gerakan Pramuka Darur Rasyid yang juga pimpinan pesantren setempat tuan rumah LP3.

Berdasarkan rakor yang dihadiri unsur Kwarda Aceh, Perwakilan OPD Aceh Singkil, Kwarcab Aceh Singkil, Dandim dan Ka. Polres, serta Panitia LP3 XVI Putra 2023, pendaftaran peserta akan dimulai pada tanggal 19 Juni 2023.

Editor: Jehan Leonardo